Untuk memperjelas pembagian tugas di HRD, maka perlu dibuatkan skala tugas
dalam bentuk job description atau penjelasan tugas. Job Description HRD sangat
dibutuhkan agar tugas-tugas HRD tidak tumpang tindih dengan bagian lain seperti
payroll, administrasi, hubungan Industrial, Trainer dan lain-lain.
Sebenarnya Job Description berbeda-beda tergantung dengan kondisi,
visi-misi, tujuan dan perusahaan. Tetapi secara umum, Job Decription memuat,
Identitas Jabatan, Tujuan Jabatan, Hubunga Kerja, dan Uraian pekerjaan. Khusus job
specification (Spesifikasi Jabatan), biasanya tergantung dari manajemen, apakah
dimasukkan dalam Job Description atau dibuatkan form tersendiri, atau termuat
dalam Prosedur Operasi (PO).
Form Job Description Staff Rekruitmen yang saya buat dibawah ini sebagai
contoh, sudah memuat Job Spesikasi. Untuk lebih jelasnya, silahkan download filenya disini…
Post a Comment