Pengertian KPI (Key Performance Indicators) adalah sebuah matriks
pengukuran kinerja yang disusun berdasarkan indikator-indikator pekerjaan
tertentu.
Dalam pengertian lain, KPI adalah “A
set of quantifiable measures that a company uses to measure or compare
performance in terms of meeting their strategic and operational goals”. Sebagian
orang mengatakan KPI itu adalah target yang diberikan atasan, organisasi,
perusahaan, departemen, unit kerja, kepada seseorang atau kepada sebuah
jabatan.
KPI harus objektif dalam penyusunannya. Sebuah matrik dikatakan sebagai Key
Performance Indicators jika memenuhi kriteria:
- Memiliki target: Yakni target apa yang hendak dicapai serta waktu yang diperkukan untuk meraih target tersebut.
- Berorientasi pada outcome: Jadi tidak sekedar output (hasil dari proses) sebab outcome berpengaruh secara signifikan.
- Memiliki nilai threshold (ambang batas): Yakni untuk membedakan antara nilai target dengan nilai aktual.
Jadi untuk mengukur kinerja seseorang, memerlukan KPI yang merupakan sebuah
indikator kerja. Sebuah pengukuran kinerja tanpa KPI, akan menjadi subjektif. Sehingga
dengan adanya KPI, pengukuran kinerja diharapkan lebih objektif. Walaupun dalam
pengukuran kinerja sebenarnya, masih banyak indikator lain yang bepengaruh
seperti attitude, kedisiplinan dan lain-lain.
KPI (Key Performance Indicators), berupa target dari sebuah rencana kerja
yang diberikan atasan atau bagian tertentu dari sebuah organisasi. KPI (Key
Perfomance Indicators) mengukur kemajuan / progress pencapaian target. KPI
harus memenuhi kaidah SMART (scietific (spesifik), measureable (terukur), achievable (bisa dicapai/realistis), reliable (bisa dipercaya), time bound (target waktu)).
KPI akan menghasilkan angka-angka kuantitatif dari sebuah data yang
kualitatif, sehingga sangat mudah untuk dianalisis, dan menarik sebuah
kesimpulan dari data-data yang ada.
Post a Comment